Kenapa Memilih Universitas Al Azhar Kairo

Kenapa Memilih Universitas Al Azhar Kairo

Mesir merupakan salah satu negara paling favorit untuk menuntut ilmu agama di antara negara-negara Timur Tengah lainnya. Salah satunya Universitas Al Azhar yaitu universitas Islam tertua di dunia, ada banyak alasan yang yang menyebabkan Mesir menjadi idaman pelajar Islam dunia untuk kuliah.

Di antaranya ilmu agama Islam itu teramat luas. Selain mempelajari al Qur’an sebagi kitab suci umat Islam, sekaligus sumber utama pedoman hidup manusia, ilmu Agama Islam juga mencakup ilmu Bahasa Arab yang merupakan instrumen untuk memahami semua literatur ilmu keislaman. Itu pun masih harus mempelajari detail-detail ilmu sebagai anak cabang dan pelengkap ilmu Bahasa Arab seperti nahwu, shorof, i’lal, balaghoh, dan lain-lain. Belum lagi ilmu hadits dengan sanad, riwayat dan kredibilitas perawinya, juga ilmu fiqih dan ushul fiqh yang rumit, dan cabang ilmu lain yang harus dikuasai dengan serius.

Berikut ulasannya;

Universitas yang didirikan pada tahun 970-972M ini merupakan salah satu universitas Islam tertua di dunia. kredibilitasnya dalam ilmu agama Islam sudah menggaung ke seluruh dunia. Universitas Al Azhar yang berpusat di Kairo ini menjadi pusat studi Islam Sunni yang moderat dan toleran.

Pusat nilai Islam damai banyak diajarkan di sini. Al Azhar juga mempelopori kerukunan umat beragama dunia. Sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di dunia, Al Azhar sudah banyak melahirkan ulama yang pakar di bidangnya, termasuk banyak ulama di Indonesia. Dengan alumni yang tersebar hampir di seluruh negara. Maka wajar bila banyak santri yang bermimpi bisa kuliah di sana, terutama yang ingin mendalami berbagai macam ilmu syariah. Selain banyak pakar di sana, suasana dan sistem pendidikan di Al-Azhar mempunyai ciri khas sendiri. 

Salah satu keistimewaan Al-Azhar adalah masih memegang dua unsur utama dalam metodologi pendidikannya. Pertama adalah metode Jami’atau pendidikan di Masjid Al-Azhar dan yang kedua adalah metode jami’ah atau pendidikan di universitas Al-Azhar  

Universitas Al Azhar Pusat Gerakan Islam Moderat Di Dunia.

Mesir merupakan wadah peradaban besar yang ada di dunia, sedangkan Al-Azhar merupakan wadah pendidikan Islam yang memiliki sejarah dan dinamika yang panjang. yang menjadikan motivasi dan alasan para santri atau siswa di pesantren untuk melanjutkan pendidikan di Al Azhar adalah mengharap kebaikan ridho-Nya, disamping itu juga akan  mendapatkan pengalaman lebih, merasakan bagaimana berkuliah di luar negri, dan belajar mendalami agama, serta berharap semoga bisa bermanfaat di lingkungan kehidupan manapun dan dalam bentuk apapun, baik bagi diri sendiri, keluarga, agama, negara juga masyarakat luas. Alasan lain yang menjadi motivasinya, karena baginya Al Azhar merupakan kiblat keilmuan islam, melahirkan tokoh-tokoh berpengaruh, sejarah telah mencatatnya dan mempunyai sistem pendidikan yang sangat bagus. 

Alasan Lain menjadikan Universitas Al-Azhar sebagai universitas terbaik untuk melanjutkan pendidikan, Adalah ;

  1. Universitas Al Azhar, Mesir merupakan Perguruan tinggi tertua dan ternama yang mengembangkan ajaran Islam yang moderat. Tenaga pengajar para Professor dan Doktor yang kompeten di bidangnya.. Mengkaji ilmu-ilmu keislaman dari sumber yang orisinil.. Membentuk mahasiswa mandiri dan kompetitif.
  2. Universitas Al Azhar, Mesir merupakan salah salah satu pusat utama pendidikan sastra Arab dan pengkajian Islam Sunni di dunia.
  3. Mengkaji ilmu-ilmu keislaman dari sumber yang orisinil.
  4. Lingkungan kondusif untuk belajar dan peningkatan intelektual, mental dan spiritual.
  5. Banyak mencetak ulama dan pemimpin dunia.
  6. Banyak lulusan SMA sederajat, terutama yang basik pendidikannya pondok pesantren bercita-cita melanjutkan pendidikan di Timur Tengah. Alasan mereka cukup mulia, yakni ingin menggali lebih dalam ilmu agama.

By : M.Asyraaf Al Ghaffar

 

Post Comment