Yuk Intip..! Pelaksanaan Ujian Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa

Yuk Intip..! Pelaksanaan Ujian Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa

nWaktu Pelaksanaan Ujian

Pelaksanaan ujian pada semester ganjil di Madrasah Ruhul Islam Anak Bangsa berbasis komputer dan lisan yang dimulai pada tanggal 28 November 2022.

Penyelenggaraan ujian ini diawali dengan apel pagi yang diadakan di lapangan Madrasah Aliyah Ruhul Islam Anak Bangsa yang dihadiri oleh santriwan dan santriwati.

Apel pagi tersebut dibuka dengan kata sambutan oleh bapak Kusnadi,MA dan beberapa pengarahan serta dorongan motivasi semangat ujian oleh ustad Muzirwan,Lc.. M.E dan ustad Fazlul Ridha,Lc. Serta di akhiri dengan doa

Setelah berakhirnya apel pagi tersebut seluruh santriwati berantusias memasuki LAB komputer untuk melaksanakan ujian pertama yang berbasis komputer. Sedangkan santriwan berantusias memasuki masing masing ruangan yang telah ditentukan untuk melaksanakan tes tulis.

Ujian semester yang diadakan meliputi 3 sistem penilaian yaitu tes berbasis komputer,tulis, lisan atau wawancara. Yang mana tes tersebut sudah terjadwal dan di sahkan oleh bagian pengajaran. Pada hari pertama, santriwati yang mengikuti tes berbasis komputer melaksanakan 2 mata pelajaran yaitu Fiqih dan Bahasa Indonesia. Sedangkan santriwan yang diujia dengan materi pelajaran dayah seperti Nahwu dan Structure (28/11/2022).

 

 

Kata Santri Yang Mengikuti Ujian

“Kami sangat berantusias dan semangat untuk mendapatkan hasil yang bagus dan berkompetisi dalam agenda besar tersebut.” Ujar salah satu santriwati Ruhul Islam Anak Bangsa.

Tes berbasis komputer pun dilaksanakan berselang sehari setelah selesai, lalu seminggu berikutnya diikuti oleh ujian berbasis wawancara dan diakhiri oleh ujian tahfidz pada rabu (14/12/2022). Pelaksanaan ujian tersebut kurang lebih memakan waktu hingga 2 atau 3 minggu untuk pelaksanaanya. Tidak hanya pelajaran umum saja yang di ujiankan namun pelajaran dayah juga ikut serta dilaksanakan, yang meliputi: kitab Fathul Qorib, Ta’lim muta’alim, Nurul Yaqin, Kifayatul Awwam, Maraqil Ubudiyyah, dan sebagainya.

Sistem Input Nilai Seluruh Mata Pelajaran

Dewan guru di Madrasah Aliyah Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa memiliki 3 sistem penilaian yang mana masing-masing penilaian tersebut dibentuk menjadi 3 format penilaian yaitu: format pelajaran umum/sekolah, format pelajaran dayah, dan format hasil dari tes tahfidz yang ketiganya akan digabungkan menjadi satu di dalam raport.

Santriwan dan santriwati telah diberikan shift untuk masing- masing jadwalnya serta kode untuk login pada aplikasi tes tersebut. Sedangkan untuk tes tulis, masing- masing telah disediakan pengawasnya pada ruangan yang telah ditentukan. Dan yang terakhir adalah tes lisan atau wawancara yang masing- masing santriwan dan santriwati akan diuji secara langsung oleh guru bidang studi menurut waktu yang telah di tentukan. Pelaksanaan ujian semester ganjil ini akan berakir tanggal 14 Desember 2022.

lihat juga :

https://karsakita.com/category/ekonomi-syariah/

2 comments

comments user
imperium

bermanfaat banget artikelnya

    comments user
    admin

    amin.. semoga bermanfaat

Post Comment