Novel Rindu Karya Tere Liye

Novel Rindu Karya Tere Liye

RESENSI BUKU


Novel Rindu Karya Tere Liye


Judul buku: Rindu

Pengarang : Tere Liye

Penerbit: Republika

Tahun terbit: 2014

Jumlah halaman: 544 halaman.

Lebar buku: 14 cm

Panjang buku:

——————————————————————————————————————–

Ditulis oleh tere liye alur maju yang memudahkan kita membacanya untuk mengikuti jalan buku cerita tersebut. berlatarkan tahun 1938 di kota surabaya yang menceritakan perjalanan kapal  Holland yang berlayar selama berbulan-bulan lamanya melewati kota Makassar, Surabaya, Semarang, Batavia, Lampung, Bekulu, Padang, dan juga Aceh dan singgah di negara Belanda di Kolombo, Jeddah dan Rotterdam.

Tere membuat kita para pembacanya menjadi mengenal secara utuh racikan dari cerita dalam buku Rindu ini. Sehingga setting dari buku didominasikan oleh aktifitas dari penumpang di kapal Blitar Holland dan Tere mampu membuatnya menjadi fresh sehingga tidak terasa membosankanPenulisan dalam buku ini juga bisa terbilang sederhana, serta disisipkan beberapa bahasa Belanda yang meskipun tidak disertakan artinya kita para pembacanya menjadi mengerti dan memahami maksud kalimat dengan deskripsi yang ditulis oleh Tere.

Akan berisikan masa lalu yang memilukan mengenai kebencian kepada seseorang yang berlebihan, dimana seharusnya orang itu sangat disayangi, serta hilangnya sosok kekasih hati, cinta sejati, kemunafikan dan juga sebuah lima kisah dalam sebuah perjalanan panjang penuh kerinduan. Serta akan menceritakan tentang kehidupan di atas kapal uap Blitar holland yang akan berlayar selama berbulan-bulan, dimana perjalanan dari kota Makassar menuju Mekkah dan akan menceritakan kehidupan tokoh-tokoh serta karakter dari  masing-masing tokoh yang memiliki kekuatan masing-masing.

Kelebihan Novel Rindu Karya Tere Liye

Buku ke-20 karya penulis Tere Liye ini merupakan buku yang memiliki beberapa kelebih sebagai berikut ;

  1. Penulis yaitu Tere Liye mengemas cerita ini dengan baik sehingga mudah untuk dipahami oleh kita pembacanya, penulis menghilangkan jenuh kita para pembacanya dengan melakukan pembolak balikan emosi yang tidak menentu naik turunnya. Serta alur cerita dalam buku ini saling berkesinambungan sehingga tidak membuat kita pembacanya menjadi bingung dan menjadi pusing.
  2. Banyaknya ilmu pengetahuan yang ditulis oleh Tere sangat berbagai macam serta dikemas sedemikian rupa sehingga membuat kita pembacanya mudah kita tangkap dan mengerti.
  3. Meskipun alur dalam buku ini merupakan mundur, Tere mengemasnya dengan baik sehingga dialog dan membawa kita pembacanya ke rasa penasaran sehingga emosi kita dipermainkan.

Kekurangan Novel Rindu Karya Tere Liye

 

  1. Ada beberapa istilah-istilah dalam bahasa Belanda yang membuat kita pembacanya yang tidak paham menjadi bingung akan maksud kata-kata tersebut
  2. Sampul buku yang kurang menarik. Di antara kriteria buku yang menarik dibaca ialah memiliki visual yang bagus, padahal  dibandingkan dengan isinya buku ini tidak ada bandingannya sama sekali, dimana buku ini sangat menarik, unik karena berbeda dengan yang lain, dan juga fresh.

Post Comment